Content

Perbaiki Mesin Las PORTO PD85

Monday, 18 April 2011


Seorang kawan lama membawa mesin las listrik merk PORTO PD85 kepada saya, untuk diperbaiki. Kerusakannya lampu indikator protek kalau boleh saya bilang menyala begitu mesin di-on-kan. Langsung saja       
saya bongkar. Mesin ini memiliki tiga blok yang terpisah, kalau boleh saya sebut, blok paling bawah adalah blok AC, dimana pada blok ini tegangan AC 220V disearahkan menjadi tegangan DC Melalui dua buah dioda bridge dan empat buah elco. Dari blok paling bawah, tegangan DC yang telah disearahkan masuk ke-blok yang paling atas, blok ini terdiri dari beberapa fungsi, diantaranya inverter (±1000Vac) dan driver. Dari blok yang paling atas tegangan yang telah di-invert di turunkan kembali tegangannya menjadi kira-kira 60-80Vdc melalui 2 buah Trafo converter dan disearahkan oleh 8 buah dioda CT, itu analisa saya mengenai sistem keja dari mesin las yang saya coba perbaiki. 




Langkah pertama saya periksa tegangan yang masuk ke-blok paling atas, normal langkah berikutnya saya coba lepaskan keluaran blok paling atas yang menuju blok tengah, dan mesin saya on-kan ternyata lampu protek padam, berarti analisa saya terjadi short pada blok tengah yang menyebabkan rangkaian protek bekerja, benar saja setelah blok tengah saya periksa salah satu trafo converter terlihat hangus, langsung saja saya copot, kemudian jumper blok paling atas dan tengah saya pasang kembali, hasilnya mesin normal. Tetapi power mesin kurang jika dipakai untuk nge-las percikan yang seperti kembang apinya kecil sekali. Kesulitan mencari sparepart pengganti saya alami, tapi berkat informasi seorang kawan akhirnya saya dapat juga sparepart penggantinya. Setelah sparepart pengganti saya dapatkan langsung saya pasang, dan mesin kembali normal.



Semoga Bermanfaat.

19 comments :

font normal at: Tuesday, 3 May 2011 at 21:43:00 GMT+7 said...

sama2 mas saya jg kadang menerima servisan mesin las inverter.yg kadang ketemu penyakitnya, partnya yg ga ada

Deddy Suyanto at: Wednesday, 4 May 2011 at 23:11:00 GMT+7 said...

Yup, kebetulan saya mungkin sedang beruntung. Seorang kawan punya kenalan yang sering import2 trafo, dan pas kebetulan trafo yang saya cari ada. O'ya saat saya berkunjung kebengkel servicenya dan ngobrol2 sama teknisinya, untuk merk2 mesin las inverter tertentu sparepartnya tersedia komplit ditempatnya.

smokerzz at: Thursday, 27 October 2011 at 12:53:00 GMT+7 said...

saya pux merek blue dolphin 160w,tp nda bs dipake karna arus listrikx nda masuk,apa dr ic kendalax?
mohon dibantu,thx

Deddy Suyanto at: Thursday, 27 October 2011 at 19:48:00 GMT+7 said...

Wah analisa kerusakan harus diperinci, kurang jelas. Mati total sama tidak berfungsi itu beda loh.

chen's at: Sunday, 3 June 2012 at 22:44:00 GMT+7 said...

Saya punya mesin las CNR arc-160 kendalanya sama lampu O.C menyala, kira2 bagian mana saja komponen yg harus saya cek?kalau komponen tdk ada yg hangus.

Andy Sardiyan at: Wednesday, 11 July 2012 at 22:16:00 GMT+7 said...

alamat pembelian travonya dimana...makasih...

fathur denso at: Tuesday, 11 December 2012 at 01:10:00 GMT+7 said...

test,,
aku jg ada kendala nih sama mesin las inferter,,,, listrik gak keluar dari conferternya,,, mohon bantuanya

ahwanteknika teknika at: Sunday, 10 March 2013 at 20:50:00 GMT+7 said...

apabila anda berkenan untuk belajar cara memperbaiki mesin las silahkan browsing ke alamat: ahwanteknika.blogspot.com
sekian and tks

Deddy Suyanto at: Friday, 28 June 2013 at 23:17:00 GMT+7 said...

Bisa Banyak

m@R(€|| at: Friday, 26 July 2013 at 18:44:00 GMT+7 said...

Saya ada inverter las merk PRADO type MP-105.
bila dinyalakan hanya blowernya saja yang hidup sedangkan output nya 0 volt.
Rangkaian pcb bagian atas sama spt gbr diatas.
sudah saya cek pet TOSHIBA K2698 (ada 8 biji) semuanya masih bagus,2 buah trafo inverternya juga masih bagus.
Setelah di telusuri ternyata trafo untuk supply driver tidak bekerja sehingga driver inverter tidak mendapat supply tegangan.
Barangkali Mas punya skema PCB blok bagian atas (driver) mohon inforasinya
terima kasih

Deddy Suyanto at: Saturday, 27 July 2013 at 02:29:00 GMT+7 said...

@m@R(€||
"Saya ada inverter las merk PRADO type MP-105. bila dinyalakan hanya blowernya saja yang hidup sedangkan output nya 0 volt. Rangkaian pcb bagian atas sama spt gbr diatas. sudah saya cek pet TOSHIBA K2698 (ada 8 biji) semuanya masih bagus,2 buah trafo inverternya juga masih bagus. Setelah di telusuri ternyata trafo untuk supply driver tidak bekerja sehingga driver inverter tidak mendapat supply tegangan. Barangkali Mas punya skema PCB blok bagian atas (driver) mohon inforasinya terima kasih pada"
====================================================

Wah saya tidak punya. Tapi sekiranya hanya trafo yang tidak mengeluarkan tegangan bisa diganti pakai trafo biasa saja, asalkan benar fungsi trafo tsb hanya memberi supply tegangan, bukan untuk converter. Nah tinggal di cari kira2 berapa tegangan output dari trafo tersebut, patokannya kalau trafo tsb memang untuk men-suplly tegangan pasti ada elco yang sbg filter(perata tegangannya)tinggal dilihat berapa mikro dan berapa volt tegangan kerja elco tsb. bersambung

Yanto Tri Tehnik at: Thursday, 5 February 2015 at 07:58:00 GMT+7 said...

sory mas itu tegangannya 24v

Eful Muhaimi at: Monday, 27 April 2015 at 08:01:00 GMT+7 said...

daerah cirebon ada yg tahu tempat serivenya gan???
Punya sodara ane ngambek.
indikator nyala, tapi gg keluar api.

txs

jumari diaz at: Tuesday, 18 August 2015 at 19:47:00 GMT+7 said...

saya ada service an inverter porto pd 200, kadang nyala kadang mati apanya ya mz???

Deddy Suyanto at: Tuesday, 18 August 2015 at 19:51:00 GMT+7 said...

wah ini yang sulit, kerusakan yang kadang2. karena penyebabnya bisa banyak, karena itu harus diperiksa satu-persatu. kerusakan kadang-kadang sering saya temui di karenakan solderan yang sudah kurang baik.

areflas at: Saturday, 5 September 2015 at 20:09:00 GMT+7 said...

Slam kenal...mas klo trnsitor 4 irfz24 panas disebAbkan apa ya mas...padhal udah kami ganti skalian R nya...mhon pencerahanya...nuwun

Deddy Suyanto at: Monday, 7 September 2015 at 13:55:00 GMT+7 said...

Panas ya, memang panas kalau tidak panas tidak kerja dong.. he..he.. kayak orang saja kalau kerja kan keringetan. yang jadi masalah mesin normal tidak ???

ASEP Dani at: Thursday, 10 September 2015 at 09:21:00 GMT+7 said...

gan ane punya lasan rylon arc 160...keluhannya ketika di pakai mati terus terus di cabut di hidupkan lagi terus mati lagi biasanya apanya ya gan tolong bantuan nya

pur wanto at: Friday, 8 January 2016 at 17:10:00 GMT+7 said...

Saya punya mesin las daiden 120A.dipakai dengan elektroda 2mm listrik 900watt,arus saya setel30A kok listrik jeglek terus.teman teman ada yang bisa bantu agar listrik tidak jeglek tapi daya tetap 900 watt

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda atau email ke: deddy.suyanto@gmail.com, saya akan balas sebisanya, komentar2 yang tidak pantas/OOT dan pertanyaan2 yang telah ada jawabannya pada posting tidak akan di Publikasikan/dijawab......Tukang numpang link iklan juga ga usah buang2 waktu disini....